Obat Aborsi

Apa itu Aborsi ?

obat-aborsi
Aborsi adalah tindakan untuk mengakhiri kehamilan dengan pengeluaran hasil konsepsi sebelum janin dapat hidup diluar kandungan. Itu merupakan pengertian obat aborsi secara medis atau dalam ilmu kedokteran. Aborsi juga dalam pengertian negatif didefinisikan sebagai pengguguran kandungan secara sengaja karena tidak menginginkan janin tersebut (biasanya sering terjadi pada wanita yang hamil diluar nikah).





Sedangkan penjelasan aborsi menurut wikipedia adalah :

Gugur kandungan atau aborsi (bahasa Latin: abortus) adalah berhentinya kehamilan sebelum usia kehamilan 20 minggu yang mengakibatkan kematian janin. Apabila janin lahir selamat (hidup) sebelum 38 minggu namun setelah 20 minggu, maka istilahnya adalah kelahiran prematur.

Dalam ilmu kedokteran, jenis aborsi dibagi menjadi 2 (dua), yaitu:
  1. Aborsi Spontan (Alamiah)
    Pengguguran kandungan yang terjadi disebabkan oleh kecelakaan, atau dengan kata lain karena sebab-sebab alami yang tidak disengaja, tanpa intervensi tindakan medis bahkan sering tidak disadari gejalanya oleh ibu hamil. Jenis aborsi ini terbagi menjadi :
    1. Aborsi komplitus
      Artinya keluarnya seluruh hasil konsepsi sebelum umur kehamilan lengkap 20 minggu.
    2. Aborsi habitualis
      Artinya aborsi terjadi 3 atau lebih aborsi spontan berturut-turut.
    3. Aborsi inkomplitus
      Artinya keluar sebagian tetapi tidak seluruh hasil konsepsi sebelum umur kehamilan lengkap 20 minggu.
    4. Aborsi induksi
      Yaitu penghentian kehamilan sengaja dengan cara apa saja sebelum umur kehamilan lengkap 20 minggu dapat bersifat terapi atau non terapi.
    5. Aborsi insipiens
      Yaitu keadaan perdarahan dari interauteri yang terjadi dengan dilatasi serviks kontinu dan progresif tetapi tanpa pengeluaran hasil konsepsi sebelum umur kehamilan 20 minggu.
    6. Aborsi terinfeksi
      Yaitu aborsi yang disertai infeksi organ genital.
    7. Missed Abortion
      Yaitu aborsi yang embrio atas janinnya meninggal. Dalam uterus sebelum umur kehamilan lengkap 20 minggu tetapi hasil konsepsi tertahan dalam uterus selama 8 minggu atau lebih.
    8. Aborsi septik
      Yaitu aborsi yang terinfeksi dengan penyebaran mikroorganisme dari produknya ke dalam sirkulasi sistematik ibu.
  2. Aborsi Buatan (Sengaja)
    Pengakhiran kehamilan lebih awal yang diakibatkan oleh tindakan yang disadari oleh ibu hamil dan pelaksana (dokter, bidan maupun dukun beranak) melalui tindakan medis dengan obat-obatan, tindakan bedah, atau tindakan lain yang menyebabkan pendarahan lewat vagina (aborsi provokatus)
    Jika Anda ingin melakukan tindakan dengan obat aborsi, Anda harus mempertimbangkan semua cara yang tersedia untuk menggugurkan kandungan sebelum membuat keputusan. Hal ini bergantung pada usia kehamilan Anda karena metode aborsi berbeda-beda untuk setiap usia kehamilan.
    Anda perlu berkonsultasi dengan dokter mengenai prosedur aborsi, mencari preferensi tempat aborsi dan biaya untuk melakukan aborsi tersebut. Meskipun pilihan aborsi tergantung pada keadaan masing-masing wanita, namun informasi tersebut akan membantu dalam mengambil keputusan. 
Baca : Obat Aborsi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Obat Aborsi  di Bogor

Obat Aborsi Jakarta Manjur dan Aman

Obat Aborsi Semarang